Jumat, 13 Juli 2012

Apa itu Wireless Broadband?

     WiBro (Wireless Broadband) adalah teknologi internet broadband nirkabel yang dikembangkan oleh industri telekomunikasi Korea Selatan. WiBro adalah nama layanan Korea Selatan untuk IEEE 802.16e (mobile WiMAX) berstandar internasional.
     WiBro mengadopsi TDD untuk dupleks, OFDMA untuk akses multipel dan 8,75 MHz sebagai bandwidth saluran. WiBro merupakan alat untuk mengatasi keterbatasan kecepatan data ponsel (misalnya CDMA 1x) dan menambah mobilitas untuk akses internet broadband (misalnya ADSL atau Wireless LAN). Pada bulan Februari 2002, pemerintah Korea dialokasikan 100 MHz spektrum elektromagnetik dalam 2.3 - band 2.4 GHz, dan pada akhir 2004 WiBro Fase 1 adalah standar oleh TTA Korea dan pada akhir tahun 2005 ITU tercermin WiBro sebagai IEEE 802.16e (mobile WiMAX) . Dua Korea Selatan Telkom (KT, SKT)
meluncurkan layanan komersial pada bulan Juni 2006, dan tarif adalah sekitar US $ 30.
    BTS WiBro akan menawarkan throughput data agregat dari 30 sampai 50 Mbit / s per carrier dan mencakup radius 1-5 km memungkinkan untuk penggunaan pemakaian internet portabel. Secara rinci, maka akan memberikan mobilitas untuk memindahkan perangkat hingga 120 km / jam (74,5 mil / jam) dibandingkan dengan Wireless LAN yang memiliki mobilitas sampai berjalan kecepatan dan teknologi telepon selular yang memiliki mobilitas hingga 250 km / jam Dari pengujian selama KTT APEC di Busan pada akhir tahun 2005, kisaran aktual dan bandwidth yang cukup sedikit lebih rendah daripada angka-angka. Teknologi ini juga akan menawarkan Quality of Service. Dimasukkannya QoS memungkinkan untuk WiBro untuk melakukan streaming konten video dan data kerugian-sensitif lain dengan cara yang dapat diandalkan. Ini semua tampaknya (dan mungkin) keuntungan kuat atas standar WiMAX tetap (802.16a). Beberapa Telco di banyak negara sedang mencoba untuk mengusahakan ini WiMAX Mobile (atau WiBro). Sebagai contoh, TI (Italia), TVA (Brazil), Omnivision (Venezuela), Portus (Kroasia), dan Arialink (Michigan) akan menyediakan layanan komersial setelah layanan uji sekitar 2006-2007. Sementara WiBro cukup tepat dalam persyaratan dari penggunaan spektrum untuk merancang peralatan, WiMAX daun banyak ini hingga penyedia peralatan sambil memberikan detail yang cukup untuk memastikan interoperabilitas antara desain. sumberWikipedia.

Adalagi bersumber dari FreeWimaxInfo
    Wibro Singkatan Wireless Broadband, transmisi data melalui gelombang radio yang dikembangkan bersama oleh industri telekomunikasi Korea dan pemerintah Korea. Wibro (Wireless Broadband) teknik komunikasi menggunakan gelombang radio (frekuensi 2,3 GHz) dan memungkinkan kecepatan teoritis maksimum 30 megabit per detik pada kisaran antara 1 dan 5 kilometer.
Spesifikasi Wibro (Broadband Wireless)
    Dalam prakteknya, Wibro (Wireless Broadband) adalah titik nirkabel ke titik teknik komunikasi, dirancang untuk melayani murah daerah yang jarang penduduknya di mana serat bukanlah suatu pilihan. Hari ini bersaing langsung dengan Wimax Teknologi, Tapi beberapa ahli meminimalkan ketidaksesuaian, Teknologi Wimax masih terus berkembang, dan teknik yang berbeda menyimpang yang berdampingan hari. The WiBro (Wireless Broadband) memberikan akhirnya aliran di antara 1 dan 3 Mbps dan antara 128 dan 512 Kbps untuk upstream. Waktu respon adalah sekitar 150 milidetik.

WiBro Overview
WiBro adalah layanan internet nirkabel Broadband, menyediakan mobilitas penuh melalui terbuka, jaringan berbasis IP dengan berbagai jenis terminal.

Membawa Internet kecepatan tinggi di saku Anda.
Akses web, isi multimedia dan apa pun informasi yang Anda butuhkan saat Anda bergerak.
Latar Belakang dan Trend Telecom Pasar

  • Drama munculnya kebutuhan (kabel / nirkabel) layanan Internet di Korea.
  • Sebuah band frekuensi yang efisien telah dicari oleh Industri, pemerintah dialokasikan 2.3GHz, sekali dialokasikan untuk FWA, untuk layanan Internet Portable (Desember 2002)
  • Tingkat pertumbuhan tahunan pasar telekomunikasi suara, baik tetap dan nirkabel, menurun, seiring berjalannya waktu, sedangkan pasar layanan data meningkat. Terutama bahwa pasar nirkabel yang sangat besar. Tetapi ada beberapa keterbatasan dari peralatan internet nirkabel saat ini. Pertama, ponsel saat ini memiliki beberapa kelemahan seperti data rate rendah tetapi biaya tinggi. Kedua, LAN nirkabel memiliki mobilitas kurang dan cakupan sel sempit sekitar seratus meter.
  • Faktor-faktor ini telah membuat layanan internet nirkabel mobile baru muncul. Layanan internet mobile baru nirkabel memiliki beberapa fitur canggih seperti mobilitas yang baik dan cakupan serta data rate yang lebih tinggi tetapi biaya lebih rendah dari telepon seluler yang ada.

Posisi
WiBro (Mobile WiMAX), 3G, dan WLAN saling melengkapi dan sebagian bersaing.
Untuk lebih lengkap dan paham silahkan download WiBro Overview (PPT) 

WiBro Definition
WiBro Posisition
WiBro Frequency Allocation
Network  Architecture WiBro
ACR : Access Control Router
RAS : Radio Access Station

PSS : Personal Subscriber Station
Sumber : http://gapurapangarti.blogspot.com/2010/11/apa-itu-wibro-wireless-broadband.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar