Kamis, 16 Agustus 2012

Perangkat Lunak Internet

http://rudi.blog.uns.ac.id/files/2010/01/browser-300x204.jpg


Sebelum kita mengenal internet lebih jauh, maka perlu di ketahui ada dua hal penting yang perlu dipahami, yaitu :
1.  Web_Browsing
2.  Seach Enggine


Apa itu Web Browsing?
Webbrowsing adalah sebuah software yang digunakan untuk membuka informasi-informasi di internet. Macam-macam web browsing adalah sebagai berikut :
1.  Internet Explorer  [Download]
2.  Mozilla Firefox     [Download]
3.  Google Crome     [Download]
4.  Opera                  [Download]
5.  Netscape             [Download]
6.  Safari                   [Download]
7.  K-Meleon            [Download
8.  Konqueror           [Download]    
dan masih banyak lagi
Secara umum bentuk Webrowsing adalah sebagai berikut :
Keterangan :
Alamat website = alamat suatu situs yang diawali dengan kode http://www. ........
Jika alamat ini benar, maka akan diarahkan pada halaman website yang dimaksud, tetapi jika asal-asalan maka akan tertulis alamat dimaksud tidak sah, atau salah.

Key Word = kata kunci yang akan kita cara, misal : sekolah, pendidikan, sma, tugas, baju dan sebagainya.
Dengan menuliskan keyword ini, maka kita akan diarahkan pada berbagai alamat situs yang berhubungan dengan keyword dimaksud berdasarkan rating tertinggi (jumlah situs yang dikunjungi) berderet dari atas sampai bawah, namun terkadang rating ini dapat menipu kita pada situs-situs yang menggunakan SEO curang, yang pada akhirnya kita berhadapan dengan situs yang berisi promosi, link-link palsu dan sebagainya.

Seach Enggine = adalah sebuah website yang menyediakan katalog alamat, sistemnya secara otomatis mendata setiap situs yang dikunjungi melalui Searc Enggine itu. Tujuan utama dari  penggunaan seach enggine ini adalah untuk mempermudah pencarian terhadap informasi yang kita cari. Contoh beberapa SE yang lengkap antara lain : Google, Yahoo, Wikipedia.  Masing-masing SE memiliki keistimewaan masing-masing, dan diantara ketiganya ini saling mendukung. Contoh Wikipedia, berisi informasi, sejarah secara lengkap tentang suatu keyword. Cara menggunakan adalah klik salah satu SE, misal Google, kemudian ketik keywordnya, maka akan ditampilkan beberapa link situs yang berhubungan keyword yang anda cari.

Apa itu SEO? singkatan dari (Search Enggine Optimizer), tujuan utama dari SEO ini agar situs kita selalu berada di atas, dengan harapan menjadi pilihan pertama pengguna internet. Dengan menjadi pilihan pertama, maka banyak user yang membuka situs sehingga mendapat rating terbanyak pengunjung situs perharinya. Apa keuntungannya? Keuntungan utama adalah dengan banyaknya rata-rata pengunjung tiap hari pada situs tersebut, maka banyak sponsor2 yang ikut nimbrung mempromosikan produknya, (anggap saja nempel baner di tempat yang ramai), dari penempelan produk itu, biasanya pemilik promosi memberi ongkos tempel, baik bersyarat (Pay Per Klik, Produknya laku, promosi produk, dll), atau langsung nego dengan pemilik situs, harga tempel per bulan berapa dan seterusnya.

Bagaimana cara menggunakan SEO? Untuk meningkatkan RATING ini, kalau jujur-jujuran kita harus banyak2 kunjung, komunikasi, menjalin kerjasama dengan situs lain, dan itu membutuhkan KERJA SANGAT KERAS, WAKTU dan penuh KESABARAN. Namun dengan cara instan, kita dapat membayar beberapa dolar kepada situs jasa SEO, yang kemudian rating kita akan naik secara dramatis tanpa susah-susah mencari pengunjung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar